Zakat Vs Wakaf

Zakat Vs Wakaf

Berikut ini kami memaparkan perbedaan antara zakat dengan wakaf :

1. melihat dari sisi hukumnya zakat hukumnya wajib sedangkan wakaf (waqaf) hukumnya adalah sunnah.
2. Bagi orang yang diberi harta zakat maka dia berhak atas kepemilikan benda dan manfaatnya sekaligus. Sedangkan wakaf, penerima waqaf hanya berhak menerima manfaatnya dan tidak berhak memilikinya atau menghabiskan harta wakaf tersebut.
3. Zakat memiliki syarat dalam jumlah tertentu sedangkan wakaf tidak ada sama sekali ketentuan spesifik mengenai jumlah harta yang meski di waqafkan.
4. Zakat diperuntukkan dalam golongan tertentu yang sudah terdapat dalam Al Qur’an yaitu 8 golongan diantaranya Fakir, miskin, amil, mu’allaf, riqab, gharim, fi sabilillah dan ibnu sabil. Sedangkan wakaf diperuntukkan tidak hanya bagi 8 golongan itu saja.
5. Harta zakat harus disyaratkan adanya haul & nishab. Adapun pada wakaf tidak ada syarat seperti zakat yakni haul dan nishab.

Lain lagi dengan Infak, bagi siapa saja yang memiliki kelebihan rezeki oleh Allah swt di wajibkan untuk memberikan sebagian rezekinya bagi yang membutuhkan, memasukan ke kotak masjid, atau memberikan barang yg tentu bisa bermanfaat untuk semisal sekolah dan masih banyak lagi. Tidak ada batasan jumlah dalam ber infak.

Selain wakaf, zakat dan infak, kita juga bisa melakukan sedekah. Sedekah sebenarnya memiliki pengertian yang sangat luas. Sedekah tidak hanya berupa substansi (materi) saja, bisa bersifat non substansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *